Ayo ke Ternate

Ternate – Tidore

 

Ternate merupakan pintu masuk menuju laut Halmahera, Maluku Utara yang juga merupakan, The center of the world's coral triangle , dari 468 spesies karang keras tercatat dari 24 site. Secara rata-rata, terdapat 185 spesies atau site, paling tinggi di dunia. Raja Ampat baru 131 spesies atau site. Bunaken 155 site. Adapun 2 site (Pulau Rao dan Karang Ngele Ngele di Morotai) yang mencapai >250 spesies/site. Luar biasa keanekaragaman yang dimiliki Laut Halmahera.

Penyelaman di Ternate sangatlah mudah, karena dive sites yang berada di pinggir jalan raya di dalam pusat kota (shore dive), sangat cocok untuk underwater macro photographer yang tak kalah dengan Lembeh dan Ambon. Di city divesite Ternate selain ikan dan makhluk kecil seperti crab, shrimp, nudibranch, mandarin fish, frog fish. Anda juga bisa melihat Wreck Pari salah satu kapal yang karam dengan kedalaman 12-20m, juga 3 bus yang dijadikan sebagai rumah ikan. Ketika malam hari anda bisa melihati ikan endemik Hiu Berjalan (walking Shark/Hemiscyllium Halmahera). 

Di selatan Ternate anda bisa menyelam dengan boat dive sekitar 20 menit dari kota, di kota Janji divesites mempunyai bottom struktur yang sangat unik, mempunyai beberapa pinacle” yang besar, dan mini cave yang berada di kedalaman sekitar 27 m sampai keluar di 30 m. wall yang di penuhi ikan kecil warna warni, hiu,ikan pari,nudibranch juga sering di temukan disini.

Di utara Ternate kita bisa menyelam di Pulau Hiri, disini bisa  kita  temukan schooling barakuda yang sangat banyak, dugong, dolpin, reef shark, penyu, dan mempunyai wall dengan visibility yang luar biasa bisa mencapai 30-40 m. Namun mempunyai arus yang cukup kuat. Untuk yang tidak suka dengan arus bisa menyelam di sulamadaha pasir hitam dan jikomalamo dengan pasir putihnya, memiliki coral garden yang padat, soft coral, penyu, schooling bumphead, dan ikan pelagis lainnya.

Di Tidore, anda bisa menyelam di Pulau Failonga yang ditempuh kurang lebih sekitar 40 menit  dari Ternate, yang berada diantara pulau Tidore dan Pulau Halmahera. Mempunyai keragamana seafan yang  besar dan gerombolan ikan snapper, fusiliers, sweetlips, dan shark. Selain Pulau Filonga, anda juga bisa menyelam di Pulau Maitara dan Tanjung Rum, yang mempunyai tutupan karang keras yang padat dan sangat indah dengan ikan karang warna warni seperti butterfly, damsel, anthias, wrasse dan masih banyak lagi.